Demokratis, Otokratis, Laissez-Faire: Manakah Gaya Kepemimpinan Anda?

Apakah Anda seorang otokrat, laissez-faire, atau pemimpin transformasional? Dari penelitian kerangka kepemimpinan Kurt Lewin tahun 1939, hingga gagasan yang lebih modern tentang pemimpin transformasional, ada gaya kepemimpinan yang hampir sama banyaknya dengan pemimpin. Tetapi tidak semua gaya akan cocok untuk setiap situasi. Pemimpin terbaik adalah mereka yang dapat menyesuaikan gayanya, sesuai dengan peran, tim, dan situasinya. Terdapat ciri-ciri utama dari beberapa gaya kepemimpinan yang berbeda, dan bagaimana mereka dapat mempengaruhi hubungan kerja Anda.


Gaya Kepemimpinan Lewin

Kerangka kerja Lewin mendefinisikan tiga gaya kepemimpinan, khususnya seputar pengambilan keputusan; otokratis, demokratis, dan laissez-faire.

Para pemimpin otokratis membuat semua keputusan sendiri. Mereka tidak berkonsultasi dengan tim mereka, atau membiarkan mereka membuat keputusan. Setelah keputusan dibuat, mereka memaksakannya dan mengharapkan kepatuhan.

Pemimpin demokratis mengambil peran aktif dalam proses pengambilan keputusan tetapi mereka melibatkan orang lain. Mereka memikul tanggung jawab untuk melihat bahwa keputusan yang dibuat mencapai hasil yang diinginkan.

Para pemimpin Laissez-faire memiliki sedikit keterlibatan dalam pengambilan keputusan, kebanyakan menyerahkan semuanya kepada tim mereka. Selama anggota tim mampu dan termotivasi, ini bisa berhasil, tetapi bisa menimbulkan masalah jika tidak.

Dalam eksperimen Lewin ia menemukan bahwa gaya kepemimpinan yang paling efektif adalah demokratis. Gaya yang terlalu otokratis menyebabkan revolusi, sementara di bawah pendekatan laissez-faire, orang tidak bekerja sama dan tidak bekerja sekeras yang mereka lakukan ketika dipimpin secara aktif.


Memperkenalkan kepemimpinan transformasional

Jika Anda tidak mengenali diri Anda sebagai salah satu dari 3 kategori tersebut, jangan khawatir, penelitian yang lebih baru telah mengenali berbagai gaya kepemimpinan yang mungkin lebih sesuai untuk kerja tim modern. Konsep kepemimpinan transformasional diperkenalkan oleh James V. Downton yang mencetuskan istilah tersebut pada tahun 1973, konsep tersebut dikembangkan lebih lanjut oleh pakar kepemimpinan James M. Burns dalam bukunya 'Leadership' pada tahun 1978. Menurut Burns, yang membedakan kepemimpinan transformasional adalah ketika 'pemimpin dan pengikut saling membantu untuk maju ke tingkat moral dan motivasi yang lebih tinggi'. Pemimpin transformasional menginspirasi orang karena mereka mengharapkan yang terbaik dari mereka, mereka mengkomunikasikan visi bersama, mereka sadar diri dan sangat berempati, dan memahami bagaimana mendapatkan yang terbaik dari semua anggota tim mereka.


Anda dapat memeriksa gaya kepemimpinan Anda dengan mengikuti kuesioner berikut ini.

Tujuan:

1. Mengindentifikasi gaya kepemimpinan Anda.

2. Memeriksa keterkaitan gaya kepemimpinan Anda dengan gaya kepemimpinan yang lainnya.


Petunjuk:

1. Untuk setiap pernyataan di bawah ini, lingkari angka yang menunjukkan sejauh mana Anda setuju atau tidak setuju.

2. Berikan kesan langsung Anda. Tidak ada jawaban benar atau salah.


Skoring

1. Jumlahkan tanggapan Anda pada pernyataan nomor 1, 4, 7, 10, 13, dan 16 (authoritarian leadership).

2. Jumlahkan tanggapan Anda pada pernyataan nomor 2, 5, 8, 11, 14, dan 17 (democratic leadership).

3. Jumlahkan tanggapan Anda pada pernyataan nomor 3, 6, 9, 12, 15, dan 18 (laissez-faire leadership).


Skor Total

Authoritarian Leadership : _____

Democratic Leadership : _____

Laissez-Faire Leadership : _____


Interpretasi Skoring

Kuesioner ini di rancang untuk mengukur tiga (3) gaya kepemimpinan yang umum yaitu: authoritarian, democratic, dan laissez-faire. Dengan membandingkan skor, Anda dapat menentukan gaya kepemimpinan yang mana yang paling dominan dan yang kurang dominan pada gaya kepemimpinan yang Anda miliki.

· Jika skor Anda 26–30, Anda berada pada jangkauan sangat tinggi.

· Jika skor Anda 21–25, Anda berada pada jangkauan tinggi.

· Jika skor Anda 16–20, Anda berada pada jangkauan sedang.

· Jika skor Anda 11–15, Anda berada pada jangkauan rendah.

· Jika skor Anda 6–10, Anda berada pada jangkauan sangat rendah.

Anda dapat menggunakan informasi ini sebagai bahan evaluasi tentang gaya kepemimpinan yang perlu Anda perkuat atau kurangi, serta penggunaannya pada situasi yang tepat.


Referensi:

  • Autocratic, democratic or laissez-faire - what’s your leadership style?

https://www.virgin.com/about-virgin/latest/autocratic-democratic-or-laissez-faire-whats-your-leadership-style

  • Democratic, Authoritarian, Laissez-Faire: What Type Of Leader Are You?

https://www.forbes.com/sites/davidcarlin/2019/10/18/democratic-authoritarian-laissez-faire-what-type-of-leader-are-you/?sh=1488e2e82a6b

  • Leadership style questionnaires

https://edge.sagepub.com/sites/default/files/4.2_Leadership_Styles_Questionnaire.pdf



Newsletter Juli-Agst 2021_Gaya Kepemimpinan
.pdf
Download PDF • 229KB

Featured Posts
Recent Posts