INDUSTRIAL HYGIENE SERVICES

Noise Exposure Assessment & Noise Mapping

Noise Exposure Assessment and Noise Map Development/Update

Kebisingan merupakan permasalahan umum di ranah publik maupun industri. Survey kebisingan yang dilakukan dengan metoda yang tepat dan dilakukan oleh tenaga kompeten akan menghasilkan profil pajanan kebisingan yang valid dan kredibel. Validitas ini menjadi penting dalam membuat keputuan untuk melakukan mitigasi terhadap pajanan kebisingan. Pengendalian pajanan selain sebagai upaya perlindungan terhadap pekerja juga sebagai bagian dari pemenuhan persyaratan peraturan perundangan.

Noise map memberikan gambaran yang jelas dan mudah bagi siapapun untuk mengenali area-area yang memiliki pajanan kebisingan tinggi dan memerlukan upaya untuk mencegah dampaknya terhadap kemampuan pendengaran termasuk pemilihan hearing protection devices (HPDs) yang tepat pada area tertentu.

(Alat Pelindung Pendengaran)

(https://www.3m.com)

Berdasarkan penelitian para ahli, diketahui bahwa paparan reguler terhadap kebisingan intensitas tingkat tinggi dapat mengakibatkan kerusakan pada mekanisme pendengaran. Tingkat kerusakan yang terjadi akan sebanding dengan total energi kebisingan yang terpapar pada telinga. Berikut contoh gangguan pendengaran yang disebabkan masalah kebisingan:

  • Noise Induced Hearing Loss (NIHL) adalah efek kumulatif dari paparan berulang. Gejala umum yaitu kesulitan mendengar suara berfrekuensi tinggi dan perlahan mengakibatkan kehilangan pendengaran pada suara berfrekuensi rendah.

  • Tinnitus—kondisi dimana Anda mendengar suara dengungan atau berdenging di dalam telinga.

  • Temporary Threshold Shift (TTS) - Kerusakan sel-sel rambut telinga bagian dalam yang dapat merusak pendengaran sementara.

  • Kerusakan fisik pada gendang telinga dan ossikula yang disebabkan oleh suara yang terlalu tinggi, mis. ledakan.

Dalam memberikan konsultasi terhadap klien kami dalam mengatasi masalah kebisingan ini, EASindo selalu berpegang teguh pada NIOSH Guidance and Regulations tentang pencegahan kehilangan pendengaran, yang dikenal sebagai program konservasi pendengaran yang terdiri dari 8 elemen:

  1. Training and Education

  2. Supervisor Involvement

  3. Noise Measurement

  4. Engineering and Administrative Controls

  5. Monitoring Audiometry and Record Keeping

  6. Referrals (outside sources for consultation or treatment)

  7. Hearing Protection Devices

  8. Administrative

 

PT. EKAKARSA ADVISINDO SUKSES
Your reliable partner to protect your most valuable assets

 

18 Office Park Lantai 22 Suite E, F & G
Jalan TB Simatupang Kav. 18
Jakarta Selatan

DKI Jakarta - Indonesia

Phone : +62 21 80641900

              +62 813 1882 9192

Fax      : +62 21 80641999


E-mail : info@easindo-sukses.com
URL     : www.easindo-sukses.com

Copyright 2017 - PT Ekakarsa Advisindo Sukses  - Terms of Use