Buy Quite

Edisi Januari - Februari 2020


1. PENDAHULUAN

Gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan adalah salah satu penyakit yang berhubungan dengan pekerjaan yang paling umum di Amerika Serikat. Setiap tahun sekitar 22 juta pekerja AS terpajan kebisingan cukup keras sehingga merusak pendengaran mereka. Untuk menciptakan tempat kerja yang lebih sehat, NIOSH merekomendasikan pencegahan kebisingan berbahaya melalui pengendalian untuk pajanan kebisingan dan mendorong Perusahaan untuk membuat program Buy Quite sebagai langkah pertama.


Berikut adalah bagan yang menggambarkan gangguan pendengaran pada tukang kayu dari waktu ke waktu.

2. APA ITU BUY QUITE ?

Buy Quiet adalah inisiatif pencegahan yang:

  • Mendorong perusahaan untuk membeli atau menyewa mesin dan alat yang lebih sunyi untuk mengurangi pajanan kebisingan pekerja. Ini dicapai ketika bisnis/ operasi baru dimulai atau ketika pergantian peralatan yang lebih lama.

  • Memberikan informasi tentang tingkat kebisingan peralatan, sehingga perusahaan dapat membeli produk yang lebih sunyi yang membuat tempat kerja lebih aman.

  • Mendorong produsen untuk merancang peralatan yang lebih sunyi dengan menciptakan permintaan untuk produk yang lebih sunyi.


Buy Quiet juga merupakan aplikasi spesifik dari inisiatif NIOSH yang lebih luas - Prevention through Design (PtD). Inisiatif PtD berupaya mencegah atau mengurangi cedera, penyakit, dan kematian akibat pekerjaan melalui penyertaan pertimbangan pencegahan dalam semua desain yang berdampak pada pekerja. Buy Quiet membahas visi ini dengan menghilangkan bahaya kebisingan di awal siklus hidup peralatan dan mesin, sehingga mengurangi risiko gangguan pendengaran di kalangan pekerja yang menggunakan alat ini.


Ribuan mesin potong dan peralatan penghasil kebisingan digunakan di industri A.S. Sementara kontrol kebisingan diperlukan untuk melindungi pekerja dari gangguan pendengaran di industri-industri tersebut. Banyak perusahaan tidak memiliki sumber daya keuangan atau keahlian teknis untuk memperbaiki kontrol teknik untuk kebisingan pada peralatan dan mesin yang saat ini digunakan. Selain itu, peralatan yang tidak menimbulkan kebisingan lebih efektif dan efisien secara ekonomi daripada menerapkan kontrol kebisingan setelah pembuatan. Buy Quiet memberikan keputusan teknik kepada perancang dan pabrikan peralatan dan menghilangkan kompleksitas pengendalian kebisingan dari pembeli, penyewa, atau pengguna akhir yang bisnis intinya bukan pengendalian kebisingan.

3. MENGAPA BUY QUITE ?

Gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan tidak bisa pulih total (irreversible), tetapi 100% dapat dicegah. NIOSH merekomendasikan agar para pekerja tidak boleh terpajan kebisingan pada tingkat yang mencapai lebih dari 85 desibel (dBA) selama 8 jam.

4. MANFAAT BUY QUITE

  • Mengurangi risiko gangguan pendengaran.

  • Mengurangi biaya jangka panjang pengujian audiometri, alat pelindung diri, dan kompensasi pekerja. Perkiraan konservatif memperkirakan penghematan sebesar $ 100 per dBA saat membeli produk yang lebih sunyi. Penghematan ini berlaku di berbagai macam mesin dan peralatan.

  • Mengurangi dampak kebisingan pada masyarakat.

Sumber :

https://www.cdc.gov/niosh/topics/noise/factsstatistics/charts/chart-carpenters.html

https://www.cdc.gov/niosh/topics/buyquiet/default.html



Newsletter dapat diunduh di sini.

Newsletter_Buy Quite_Edisi Jan-Feb 2020
• 538KB

Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square